Kegiatan Benchmarking LPMI UNPAK ke Sistem Penjaminan Mutu UPI

Di tulis oleh Admin 18 Oktober 2017

Pada hari Rabu 27 September 2017 Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Universitas Pakuan menyelenggarakan studi banding atau benchmarking ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada hari Rabu tanggal 27 September 2017. Sistem Penjaminan Mutu UPI dipilih karena beberapa alasan.

Alasan yang pertama adalah karena Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) UPI sudah mendapatkan nilai A.

Beberapa program studi di UPI bahkan sudah terakreditasi bukan hanya oleh Badan Akreditasi Nasional perguruan Tinggi (BAN PT) saja dengan nilai yang sangat baik tetapi juga sudah terakreditasi secara internasional seperti oleh ISO, AUN, Ted Qual, ABET, dan lain-lain.  Tercapainya nilai akreditasi yang sangat baik tersebut tentu saja tidak lepas dari bimbingan Sistem Penjaminan Mutu-nya.

Sistem Penjaminan Mutu (SPM) UPI terdiri dari seorang ketua, sekretaris, dua orang staf, dan 11 anggota sistem kendali mutu yang merupakan perwakilan dari setiap fakultas yang ada di lingkungan UPI.  SPM UPI telah gencar membudayakan mutu kepada fakultas-fakultas dan lembaga-lembaga yang ada di lingkungan UPI. Bahkan, 90% fakultas di UPI sudah menggunakan manajemen berbasis ISO. Artinya audit eksternal dilakukan bukan hanya oleh BAN PT tetapi juga oleh badan akreditasi internasional lain yang tidak diragukan lagi kredibilitasnya.

Untuk audit internal, UPI melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) yang dilaksanakan sebanyak 1 kali dalam setiap tahun. Terdapatnya dosen-dosen UPI yang sekaligus juga asesor BAN PT sangat membantu membudayakan mutu dari mulai pimpinan hingga ke mahasiswa. Dari budaya mutu tersebut, terbentuklah komitmen yang kuat untuk terus menjadi universitas yang “Leading and Outstanding” sesuai dengan moto UPI. Tidak kalah dnegan universitasnya, SPM UPI juga memiliki moto yang tidak kalah dahsyat yaitu, “Mutu atau Mati”.

Dengan hasil yang didapat dari kegiatan benchmarking ke SPM UPI ini semoga Universitas Pakuan bisa mempraktikkan langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh SPM UPI untuk perbaikan di Universitas Pakuan umumnya dan LPMI khususnya.